Apple iPhone SE (2020) Harga Dan Spesifikasi

Posted on

Apple iPhone SE (2020) Harga dan Spesifikasi akan kami jelaskan secara detail pada artikel ini, Untuk lebih jelasnya simak pembahasan dibawah ini.

Sama seperti iPhone SE pertama, generasi keduanya adalah keduanya – Kecil, bahkan jika lebih besar dari yang pertama, dan Spesial – karena peluncuran tersebut terjadi sekali dalam empat tahun atau lebih.

Apple iPhone SE (2020)
Apple iPhone SE (2020)

Kami yakin Apple memiliki rencana untuk acara premier hebat Maret lalu, tetapi COVID-19 membalikkan segalanya dan rencana seperti itu tiba-tiba dibatalkan. IPhone baru itu diluncurkan tanpa meriah di situs pembuatnya, tiba-tiba, tetapi dengan cepat menjadi terkenal bukan hanya salah satu iPhone termurah yang pernah dibuat tetapi juga sebagai salah satu ledakan terpanas musim untuk penawaran uang.

Bayangkan – bang untuk uang yang datang dari Apple! Memang, fitur utama dari iPhone SE baru adalah chip A13 Bionic – itu platform terbaru Apple – yang menguatkan trio iPhone 11. Sedangkan sisanya, kebanyakan iPhone 8.

Apple memang menggunakan iPhone 8 2,5 tahun sebagai kanvas dalam lebih dari satu cara. Shell sama, seperti layar (tanpa lapisan 3D Touch), kamera depan dan belakang yang sama kemampuan foto dan video, speaker stereo yang sama, kapasitas baterai yang sama, kemampuan pengisian daya yang sama.

Pandangan menyeluruh mengungkapkan iPhone SE (2020) memang kecil dari standar saat ini, dan sementara itu membawa fitur yang diperkenalkan lebih dari dua tahun yang lalu, itu hampir tidak usang – ponsel ini tahan air, kamera tunggal menawarkan banyak fitur seperti potret , Smart HDR dan bahkan 4K pada 60 dengan OIS dan EIS tersedia, sementara speaker stereo memiliki kualitas yang sangat baik yang sulit dikalahkan bahkan hingga hari ini.

iPhone SE (2020)
iPhone SE (2020)

Apple iPhone SE (2020) fitur utama

  1. Body: Rangka aluminium, Gorilla Glass depan dengan lapisan oleophobic, Gorilla Glass kembali dengan finishing mengkilap, bersertifikat IP67 untuk ketahanan air dan debu. Pilihan warna Merah, Hitam, dan Putih; 138,4 x 67,3 x 7,3 mm; 148g.
  2. Layar: Layar 4,7 “16-warna LED-backlit IPS LCD resolusi 750p, 326ppi, penyesuaian True Tone melalui sensor cahaya sekitar empat saluran.
  3. OS: Apple iOS 13.
  4. Chipset: Apple A13 Bionic (7nm +) chip – Petir 2×2.66 GHz + Thunder 4×1.8 GHz) Apple CPU, empat-core Apple GPU, 8-core Apple NPU 3-gen.
  5. Kamera: kamera 12MP dengan lensa F / 1.8, stabilisasi gambar optis, flash quad-LED dengan sinkronisasi lambat, fokus otomatis deteksi fase, HDR pintar, tangkapan warna lebar.
  6. Perekaman video: rekaman video 2160p @ 60 / 30fps, 1080p @ 30/60/120 / 240fps
  7. Selfie: 7MP F / 2.2 kamera menghadap ke depan dengan sensor BSI dan mode HDR, video 1080p @ 30fps
  8. Penyimpanan: penyimpanan internal 64GB, 128, atau 256GB.
  9. Konektivitas: 4G LTE Cat.12; Wi-Fi a / b / g / n / ac; Bluetooth 5.0; Port petir; GPS dengan A-GPS, GLONASS, GALILEO, QZSS; NFC (Khusus Apple Pay).
  10. Baterai: Baterai 1,821mAh, pengisian cepat 18W, pengisian nirkabel (kompatibel dengan Qi).
  11. Lain-lain: Speaker stereo, tombol Rumah yang peka terhadap tekanan dengan pemindai sidik jari, Taptic Engine.

Bezel adalah apa yang tampak tua pada iPhone 8, dan sekarang mereka terlihat kuno pada model SE baru ini. Mereka luar biasa karena jempol diistirahatkan ketika Anda menggunakan telepon dalam orientasi lanskap untuk bermain game atau video, tetapi mereka akan menjadi target bagi banyak orang. Dan kapasitas baterai bisa ditingkatkan sedikit, tetapi kita belum melihat chip A13 baru dalam aksi, jadi jangan menilai dulu.

Dan sekarang, saatnya untuk membongkar iPhone SE merah kita.

Apple iPhone SE
Apple iPhone SE

Membuka Kotak Apple iPhone SE (2020)

Bundel ritel iPhone telah mengalami sedikit perubahan sepanjang tahun dengan yang paling menonjol adalah pengisi daya 18W menggantikan adaptor 5W untuk model iPhone 11 Pro. Namun, itu tidak terjadi dengan iPhone SE.

Kotak ritel Apple iPhone SE (2020) berisi pengisi daya 5W prasejarah dan kabel Lightning biasa. Kami menghargai EarPods yang disertakan dengan setiap iPhone. Dua stiker logo Apple dan ejector SIM melengkapi bundel SE.

IPhone SE mendukung pengisian cepat USB-PD (hingga 18W), serta pengisian nirkabel (hingga 8W), jadi setidaknya Anda tidak tanpa pilihan lain. Anda hanya perlu mendapatkan sendiri pengisi daya cepat secara terpisah.

Apple
Apple

Desain dan penanganan

Selalu ada dua cara untuk melihat iPhone, terutama yang dengan desain kontroversial seperti iPhone 8, maaf, SE. Entah itu cinta atau benci. Sudah seperti ini sejak iPhone muncul, bahkan jika spesifikasi, fitur, dan harga memang membantu memicu kedua perasaan ini juga. Tapi satu hal yang tidak dapat disangkal benar – ini bukan hanya iPhone terkecil yang tersedia tetapi salah satu smartphone paling kompak di pasaran.

Ingat ketika kita menyebut 6 “Xiaomi Mi 9 SE salah satu ponsel paling kompak dan handset yang sangat ramah saku? Jadi, kita ambil kembali – judul-judul ini milik iPhone SE sekarang. Terima kasih, Mi, Anda boleh pergi sekarang .

Jadi, iPhone SE (2020) memang cukup kecil – ukurannya 138,4 x 67,3 x 7,3 mm dan beratnya hanya 148g – artinya 1cm lebih pendek dan 3mm lebih sempit dari Mi 9 SE.

Tetapi jika kita ingin membandingkan iPhone SE baru dengan yang lama, yah, itu pasti tumbuh lebih besar – 1,5cm lebih tinggi dan lebih lebar 1cm, lebih spesifik. Ini juga mendapatkan 35g – beban yang nyata jika Anda membandingkan keduanya secara langsung.
Nah, beberapa tahun terakhir memang mengubah definisi smartphone kecil, lebih buruk jika Anda bertanya kepada kami, dan iPhone SE baru jauh di bawah status quo saat ini.

Tetapi sejauh menyangkut desainnya – ini modern tetapi juga, sisa dari masa lalu digital kita. IPhone SE (2020) menggunakan panel Gorilla Glass dan bingkai aluminium yang sama dengan yang dimiliki iPhone 8 pada tahun 2017 – dan bahkan kemudian desain ini sudah berusia tiga tahun.

Dan seperti yang diungkapkan oleh teardown terbaru, Apple telah mendaur ulang hampir semua yang ada di iPhone SE – dari desain perangkat keras di luar hingga komponen yang digunakan di dalamnya.

Tetap saja – badan kaca-sandwich dengan bingkai logam adalah desain ponsel standar pada tahun 2020, sehingga iPhone SE adalah arus pandang mungkin dengan melihat daftar bahannya. Bahkan lebih baik, IP67-dinilai untuk tahan debu dan air – sesuatu yang masih banyak memutuskan untuk tidak menawarkan dan belum, di sini memilikinya pada telepon $ 400.

Tampilan

IPhone SE (2020) meminjam tampilan iPhone 8 – ya, sama dengan yang dipinjam di tempat pertama dari iPhone 6. Panel yang dimaksud diperkenalkan pada tahun 2014, tetapi diperbaiki selama bertahun-tahun dengan dukungan gamut warna yang lebar. , Peningkatan True Tone, dan penyesuaian HDR.

Jadi, iPhone SE baru mengemas layar IPS LCD 4,7 “16: 9 LED-backlit, juga dikenal sebagai layar Retina, yang memiliki piksel 326ppi atau 1334 x 750. Kepadatan piksel khusus ini telah diperkenalkan dengan iPhone 4, dan itu adalah arti sebenarnya di balik kata Retina di dunia Apple selama ini, iPhone X pertama kali mengubahnya menjadi Super Retina 458ppi.

Layarnya rata, dilindungi oleh kaca custom-made oleh Corning dan memiliki lapisan oleophobic untuk ketahanan noda tambahan.

Penyesuaian koreksi warna TrueTone tersedia untuk layar iPhone SE, Night Shift – filter cahaya biru, juga merupakan bagian dari rangkaian fitur iOS.

Apple mengatakan layar dapat menampilkan konten HDR10 dan Dolby Vision. Berkat dukungan warna yang lebar, kecerahan layar yang tinggi, dan kontras, layar dapat melakukan beberapa perbaikan pada rentang dinamis, dan Anda memang dapat melihat beberapa manfaat. Namun layar HDR-enabled yang tepat, seperti iPhone 11 Pro, dapat menunjukkan HDR10 sejati dengan semua manfaatnya.

Dan sekarang dengan semua masalah teknis ini, mari kita lihat beberapa angka.

Layar Apple iPhone SE (2020) bisa sangat terang – kami mengukur 670 nits di ujung atas bilah geser kecerahan. Itu bahkan lebih dari yang dijanjikan 625 nits dari Apple. Tingkat hitam sekitar rata-rata, dan panel SE iPhone dikirim utara rasio kontras layar yang disarankan 1400: 1.

Kecerahan minimum yang kami tangkap pada warna putih adalah 2,7 nits – bagus untuk sesi membaca dalam gelap!

Masa pakai baterai dan pengisian daya

IPhone SE (2020) ditenagai oleh baterai 1.821mAh – kapasitas yang sama dengan iPhone 8, meskipun sel yang berbeda. Anda dapat mengisi daya iPhone SE dengan pengisi daya 5W kuno, pengisi daya Pro 18W, atau pengisi daya USB-PD apa pun. IPhone SE juga mendukung pengisian daya nirkabel, jadi itu juga pilihan.

IPhone SE dikirimkan dengan colokan pengisi daya 5V / 1A biasa yang mengisi 27% baterai mati dalam 30 menit, sementara pengisian penuh membutuhkan sekitar 2 jam dan 30 menit.

Kami juga menguji iPhone SE dengan pengisi daya iPhone 11 Pro 18W – mengisi ulang sekitar 57% dari baterai SE dalam 30 menit, sementara pengisian penuh membutuhkan waktu sekitar 100 menit.

IPhone SE memposting skor seimbang pada pengujian baterai kami – ini dapat melakukan sekitar 10 jam panggilan 3G, utara dari 13 jam browsing web dengan sekali pengisian daya, atau Anda dapat menonton video selama sekitar 9 jam. Daya tahan siaga ternyata di atas rata-rata dan dengan demikian peringkat daya tahan keseluruhan yang baik tetapi tidak luar biasa adalah 59 jam.

Pembicara

Apple iPhone SE (2020) memiliki dua speaker – satu didedikasikan di bagian bawah dan yang lainnya adalah lubang suara. Bagian bawah menawarkan lebih banyak bass daripada lubang suara, tetapi selain itu – kenyaringan mereka tampaknya cukup seimbang.

Dalam pengujian speaker baru kami, iPhone SE mencetak nilai Sangat Bagus untuk kenyaringan. Adapun kualitas – juga sangat bagus. Bass dan melodinya bagus, tapi vokalnya bisa lebih baik karena mereka kadang-kadang ditekan.

Kualitas output audio

Baru-baru ini kami menghentikan uji kualitas output audio kami.

Alasan untuk itu adalah bahwa sebagian besar ponsel sudah sangat baik dalam hal ini dan apa pun perbedaannya, itu marjinal dan mungkin tidak dapat dibedakan dengan apa pun kecuali peralatan laboratorium.

Apple iOS 13 dengan tombol Home dan Touch ID

IPhone SE (2020) berjalan pada OS Apple iOS 13.4 terbaru dan harus menikmati pembaruan perangkat lunak tanpa gangguan selama 5 tahun – baik besar maupun kecil. IOS 13 bukan pembaruan OS utama – melainkan berfokus pada peningkatan aplikasi sistem default sebagai gantinya.

IPhone SE mengandalkan Touch ID untuk keamanan biometrik. Itu tidak berubah sedikitpun sejak iPhone 8 – Anda menekan sensor, dan iPhone akan dibuka segera setelah pengakuan berhasil. Angkat untuk bangun juga berfungsi seperti mantra, jadi tidak perlu membangunkan layar secara manual.

Layar pengunciannya sederhana – ia memiliki tiga halaman – Pusat untuk notifikasi, Kiri untuk Hari Ini, dan Kanan untuk aplikasi kamera. Tidak ada sakelar senter yang terlihat, tetapi Anda dapat memunculkan Pusat kontrol dengan gesek dari bawah dan memicunya dari sana.

Secara alami, aplikasi masuk ke layar utama, tidak ada widget dan tidak ada laci aplikasi terpisah, tetapi folder tersedia. Halaman Today paling kiri ada di sini untuk tetap – ini adalah tempat di mana berbagai widget pergi, dan juga termasuk bidang pencarian Spotlight seluruh sistem.

Apple A13 menjalankan iPhone SE

Fitur utama iPhone SE seharga $ 400 adalah platform perangkat kerasnya – Apple A13 Bionic – yang sama dengan model iPhone 11 premium. A13 memiliki 8,5 miliar transistor dan dibangun pada proses 7nm +.

Chip Apple A13 Bionic mengemas prosesor hexa-core dengan 2×2.65 GHz Lightning core berkinerja tinggi dan 4×1.8 GHz Thunder CPU yang efisien core.

A13 SoC memiliki GPU baru yang membuat desain 4-core diperkenalkan dengan A12. Tetapi sekarang 20% ​​lebih cepat dan 40% lebih efisien saat memberikan kinerja yang sama dengan GPU A12.

Neural Engine generasi ketiga memiliki 8 core (20% lebih cepat, 15% lebih efisien) dan bertanggung jawab atas fitur pemrosesan gambar iPhone SE seperti Mode Potret Kamera tunggal.

Akhirnya, semua iPhone SE hadir dengan 3GB RAM – 1GB (atau 25%) kurang dari iPhone 11 4GB RAM.

Satu kamera 12MP

Apple iPhone SE menampilkan kamera tunggal 12MP yang sama dengan yang ditemukan pada iPhone 8. Menggunakan sensor Sony dengan pitch 1,22 μm di belakang lensa 28mm f / 1.8. Stabilisasi optik tersedia, serta autofokus fase-deteksi.
Lensa kamera dikalibrasi dari pabrik untuk memberikan kinerja yang unggul dalam AR.

Quad-LED dual-tone flash dari iPhone 8 juga tersedia di SE, dan mendukung flash sinkronisasi lambat. Itu membuat rana terbuka sedikit lebih lama, membiarkan beberapa cahaya sekitar dan membuat gambar terlihat lebih alami dan tidak kontras seperti dengan gambar flash biasa.

Berkat chip Apple A13 Bionic baru dan ISP-nya, kamera sekarang mendukung mode potret hanya berdasarkan pada peta mendalam yang dibuat oleh proses pembelajaran mesin seperti halnya dengan kamera selfie.

Apple Smart HDR terbaru dari generasi iPhone 11 juga tersedia di iPhone SE – itu seharusnya memberikan dorongan nyata dalam kualitas gambar, baik siang maupun malam.

Sayangnya, Mode Malam baru dari seri iPhone 11 hilang pada SE.

Kamera menghadap ke depan adalah unit 7MP yang sama dengan yang kita lihat pada iPhone 7 dan 8. Kamera ini dapat menggunakan apa yang disebut Retina flash, di mana layar Anda menerangi wajah Anda dengan warna tertentu untuk memberikan warna kulit yang lebih menyenangkan tergantung pada warna lampu yang tersedia.

Aplikasi kamera

Aplikasi kamera telah melihat beberapa perubahan selama bertahun-tahun. Ini memiliki antarmuka yang sama dengan mode swipe-mampu yang sudah ada selama beberapa waktu. Seperti biasa, semua pengaturan gambar dan video tidak ada dalam aplikasi kamera itu sendiri. Sebagai gantinya, Anda harus menutup kamera, membuka Pengaturan, dan kemudian kembali ke kamera. Tidak ramah pengguna!

Anda juga harus tahu bahwa mode potret hanya berfungsi pada subjek manusia. Bukan berarti kamera tidak mampu membangun peta mendalam tidak peduli subjek, tetapi karena Apple tidak ingin melakukannya. Anda selalu dapat mengunduh aplikasi pihak ketiga, seperti Halide, dan membuat potret yang bagus tentang, katakanlah, anjing Anda.

Kualitas gambar

Apple iPhone SE mengambil foto yang terlihat sangat alami. Rentang dinamis dan kontrasnya luar biasa, warnanya tepat, dan kebisingan tidak ada.

Level detailnya sangat bagus, bahkan sangat baik di beberapa tempat, meskipun di tempat lain beberapa area yang lebih kompleks menjadi tantangan bagi kamera – detail rumit pada kerai jendela, serta rerumputan dan cabang-cabang pohon dioleskan dan terlihat seperti lukisan cat minyak.

Namun, ada sangat sedikit telepon yang mampu melihat seluruh medan rumput dan / atau semua pohon di sekitarnya, dan mereka adalah kapal induk. Untuk ponsel seharga $ 400, iPhone SE mengambil foto siang hari yang sempurna.

Performa rendah cahaya telah meningkat sejak iPhone 8 oleh banyak bahkan jika kamera yang sama mengambil gambar. Mereka menghadirkan detail yang cukup terselesaikan, mungkin akibat dari pengurangan kebisingan yang lebih lembut. Eksposur seimbang pada sebagian besar foto, saturasi warna sangat bagus dengan warna hidup yang sebenarnya (tidak pudar, tidak terlalu jenuh). Rentang dinamis bukan yang terbaik, tetapi satu kamera hanya bisa melakukan begitu banyak.

Narsis

Foto selfie 7MP Apple iPhone SE (2020) dapat membuat malu sebagian besar penembak Quad-Bayer 20MP dan 32MP yang kami alami belakangan ini pada berbagai ponsel Android. Gambar iPhone 7MP SE keluar dengan detail luar biasa, kontras, dan bahkan rentang dinamis. Warnanya luar biasa dan keseluruhan – ini adalah salah satu kamera selfie terbaik yang pernah kami lihat.

Pemotretan selfie iPhone SE juga dapat melakukan potret, dan melakukannya dengan kemahiran yang mengejutkan. Baik pemisahan subjek dan simulasi bokeh luar biasa, sementara tidak ada yang hilang pada subjek, baik detail halus atau bagian tubuh.